TIPS MERAWAT KARET TROMOL/DAMPER SET WHEEL

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVOIsmy0gfZrHmbhlJVZT24GLFkYuVR2Y4anEOEdiuZWwvKoYiO1Xbw662EgCKtnESbkczIHXKGpxAh0w5AW4juGyXosLmsGBnZ2GaYf9K6MTf-RNpIVf5eEVuoLH2sd4ilYAb9YRR85vO/s72-c/damper+set+supra01.jpg click to zoom
Ditambahkan 15:05
Kategori Artikel
Harga @ Posisi karet tromol ini menyatu dengan rumah gir belakang. Selain sebagai tatakan rumah gir belakang ke tromol,karet ini juga dimanfa...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review TIPS MERAWAT KARET TROMOL/DAMPER SET WHEEL

@
Posisi karet tromol ini menyatu dengan rumah gir belakang. Selain sebagai tatakan rumah gir belakang ke tromol,karet ini juga dimanfaatkan sebagai peredam hentakkan saat motor berakselerasi.
Pengaruh terhadap motor kalau karet tromol gir ini oblak/perlu penggantian adalah sebagai berikut :

1. Tarikan motor akan sedikit melambat karena ada jeda di rongga karet tromol gir, saat motor di gas dan masuk gigi stopper yg ada ditromol gir harus bergerak dan memutari dulu ngisi rongga karet yg kosong yg seharusnya gak perlu(karena oblak) sebelum stopper tromol gir tersebut berhenti di karet depannya yg berada dirumah tromol (yang menyatu dengan pelek) lalu ketarik rantai dan gir. (ada jeda sekian detik karena karet oblak sekian cm).

2. Stopper yang ada di tromol gir dan rumah tromol (yang dipelek) lama kelamaan bisa rompal dan pecah karena kedua stoper saling beradu dan terjadi benturan keras saat ditarik rantai dan gir, ini terjadi karena ada jeda dikaret tromol yang oblak sekian cm dan menghantam stopper tromol yang di pelek, walaupun sebenarnya masih ada karetnya tapi karet itu sudah tidak plek dan banyak rongga

3. Akan terjadi benturan rantai ke arm karena saat tromol berputar mengisi rongga karet yang kosong (karena oblak) saat itu juga rantai jadi kendor dan rantai jatuh di arm sehingga bunyi "kletek" dan rantai akan kenceng lagi saat kedua stopper tromol bertemu dan memutar roda.


Kalau stopper yang ada di gir pas dan plek di lubang karet (karet tromol gir) yang terpasang di dalam pelek dan tidak oblak atau tidak ada jarak pastinya tromol aman karena tidak terjadi benturan keras dan tarikan tidak akan telat/delay karena tidak ada jeda lagi karena kedua stopper sudah terikat karet yang fit dan mati berada ditempatnya.
Karet Tromol Honda Supra
Karet tromol/damper set Honda Supra

Karet tromol gir ada masanya dan aus stelah pemakaian sekian km tergantung dari kwalitas karet yang dipakai.


Lakukan pengecekan secara berkala terhadap karet tromol/damper set ini ketika servis, misal ketika mengencangkan rantai, ganti kampas rem belakang, ganti rantai atau gear set.


Hati-hati dengan penggunaan karet tromol dari bahan ban luar bekas, karena kekerasan/shore jauh lebih keras dari bahan karet tromol bawaan motor atau standardnya, memang lebih awet tapi sifatnya yang keras, bisa merusak bagian dalam tromol. Pabrik sudah merancang karet tromol sedemikian rupa sehingga kekerasannya tidak akan merusak tromol bagian dalam.


Demikian semoga bermanfaat.



Komentar